Setting Virtual Host Tomcat5.5 di Ubuntu8.0.4 LTS

Beberapa bulan yang lalu sempat mengutak-atik settingan virtual hostnya tomcat di ubuntu untuk website. Tapi yang aneh adalah ketika aplikasi web nya ditaruh di direktori default “webapps” setting virtual host tidak mau terbaca. Pada waktu itu solusi praktisnya adalah dengan menaruhnya di luar direktori tomcat, kemudian direktori tsb dijadikan sebagai kepunyaan user tomcat55, sebagai user sistem tomcat.

Solusi praktis tadi bukan tanpa kelemahan, karena letak aplikasi web bukan di direktori default “webapps” sebagai akibatnya adalah aplikasi tersebut tidak bisa dipantau langsung dari “tomcat manager”.
Namun karena satu dan lain hal, settingan tsb saya biarkan.

Tadi pagi, ternyata masalah sama tersebut muncul lagi, kali ini karena menge-set virtual host di tomcat untuk server baru. Setelah googling ngalor-ngidul tidak menemukan solusi yang diharapkan.

Sempet nemu suatu pernyataan di dalam panduan instalasi tomcat6 di dokumentasinya ubuntu

For security reasons, the tomcat6 user cannot write to the /etc/tomcat6 directory by default. Some features in these admin webapps (application deployment, virtual host creation) need write access to that directory. If you want to use these features execute the following, to give users in the tomcat6 group the necessary rights :
sudo chgrp -R tomcat6 /etc/tomcat6
sudo chmod -R g+w /etc/tomcat6

Mesikpun hal tersebut ditulis untuk tomcat6, kayaknya si untuk tomcat5 juga sejalan, sehingga dilakukanlah eksperimen sederhana, memberikan acces kepada user tomcat ke direktori yang dimaksud :

sudo chgrp -R adm /etc/tomcat5.5
sudo chmod -R g+w /etc/tomcat5.5

Grup “adm” merupakan grup dari user “tomcat55”
kemudian tomcat direstart

Namun ternyata virtual host tetap tidak terbaca, akhirnya saya juga memberikan hak acces ke user tomcat untuk direktori “/usr/share/tomcat5.5” :

sudo chgrp -R adm /usr/share/tomcat5.5
sudo chmod -R g+w /usr/share/tomcat5.5

Tomcat di-restart

Ternyata dengan hal tersebut virtual host bisa terbaca sesuai dengan keinginan ^_^