How do i live without you….

Pagi ini aku ngerasa ada sesuatu yang kurang, hemmm….. lama juga aku sudah menjalani hari-hari ku tanpa ada kehadiranmu, tanpa telepon darimu, tanpa sms mu, bahkan tanpa miss call mu yang membangunkan ku sebelum adzan subuh :-D.

Kemarin sepertinya biasa saja, setidaknya kebiasaan-kebiasaan yang kau berikan tidak ada.

Namun hari ini terasa beda,Β  Kerinduan akan dirimu yang tiba-tiba datang kembali.

Kerinduan akan canda tawamu, yang bila mengingatnya setidaknya aku akan tersenyum πŸ™‚

How do i live without you…. ?

Perulangan di Visual Basic

Beberapa waktu yang lalu diminta 2 orang(Putri & Ble’o) temen minta tolong untuk dibuatin algoritma sekalian konversi coding nya di visual basic. Hemmmm, jadi seperti nostalgia he….3x.

Memang dulu banget mungkin sekitar 4 tahun nan yang lalu pernah pake visual basic, tapi kan sudah lama banget. Lagian dulu-dulu belum pernah kepikiran untuk membuat fungsi atau method sendiri. Paling juga cuma klak-klik doang, conect ke database udah deh πŸ™‚

Mumpung ada yang minta tolong, ya udah deh itung-itung nostalgia πŸ˜›

Rumus yang mau dibuatin algoritmanya sebenernya sederhana cuman menghitung GOS( Grade of Service), yang pengertianya adalah probabilitas panggilan ditolak (diblok) selama jam sibuk(menurut TA nya si Ble’o)

Rumus menghitung GOS

Rumus menghitung GOS

<!–[if gte msEquation 12]>Ann!i=0nAii!<![endif]–>

Kalo dilihat rumusnya sudah pasti di sini harus menggunakan perulangan, plus juga rekursif. Dari hasil perenungan panjang(seolah-olah πŸ˜› ) akhirnya rumus GOS berhasil ditransformasikan ke bahasa visual basic yang kurang lebih sebagai berikut :


Public Function HitungFak(n As Integer)
Dim hasil
hasil = 1
If n = 0 Then
hasil = 1
Else
For I = 1 To n
hasil = hasil * I
Next I
End If
HitungFak = hasil
End Function

Public Function HitungAtas(A As Double, n As Integer)
HitungAtas = (A ^ n) / HitungFak(n)
End Function

Public Function HitungBawah(A As Double, n As Integer)
Dim hasil As Double
Dim I As Integer
hasil = 0
For I = 0 To n Step 1
hasil = hasil + ((A ^ I) / HitungFak(I))
Next I
HitungBawah = hasil
End Function

Private Function hitungGOS(pA As Double, pN As Integer)
hitungGOS = HitungAtas(pA, pN) / HitungBawah(pA, pN) * 100
End Function

Gak tau juga itu efektif apa enggak :D, soalnya kalo dipikir2 coding di VB agak aneh, variabel gak harus didefinisikan tipenya, modifier juga tidak ditentukan . Mungkin karena gak pernah pake VB aja jadi ngerasa aneh, tapi over all lumayan lah buat nambah pengalaman dan nostalgia πŸ™‚

Semoga bisaberguna buat si Putri sama si Bl’eo, sorry kalo banyak kekurangannya πŸ˜€

Mod_rewrite VS url rewrite

Sama tujuan tapi beda penerapan.

Sepertinya itu kata yang tepat untuk kedua hal yang berkaitan untuk memanipulasi alamat/url sehingga bisa terbaca oleh robot dari mesin pencari.

Mod_rewrite digunakan di Apache

sedangkan

url rewrite digunakan di tomcat

Tujuan dari keduanya adalah praktis sama, muaranya adalah untuk menaikkan nilai SEO

Meskipun ke-duanya diterapkan di aplikasi yang beda, namun pada dasarnya menggunakan konsep yang sama yaitu Regular Expression(Regex)

Kalo ditanya mana yang duluan ada, sudah pasti Mod_Rewrite, karena pada dasarnya url rewrite ada untuk mengadopsi kemampuan dari Mod_Rewrite

kalo detil cara pemakaiannya moga bisa nulis di postingan selanjutnya πŸ˜€

Aku ada Karena CInta

Suatu hari di sawah pinggiran rumah (maklum rumahku memang mewah aka mepet sawah) ada seekor kodok kecil diam, gak jelas apa maksudnya. (Note: yang gak jelas sebenernya yang nge-liat, la wong kodok diliatin kurang kerjaan bagt khanz :D)

Lama juga aku amati si kodok kecil, warna ijo mulus tanpa bintik. Termasuk spesies kodok ijo, yangΒ  oleh sebagian orang suka dimakan. Hemmm, gak habis pikir aku piye mangane…..(mungkin karena aku termasuk aktifis LSKI=Lembaga Sosial Kodok Ijo) yang anti makan daging kodok πŸ˜›

Aku berpikir, padahal biasanya males mikir

Kenapa kodok ijo ini harus ada

Makhluk kecil berlendir, yang menurutku agak sedikit menjijikan harus tercipta di dunia

Hum………..

beberapa lama aku terdiam, dan entah mendapatkan ilham dari mana(udah lama gak ketemu ilham :-P)

ada terbersit pikiran dari pertanyaan aneh yang kutanyakan pada diri sendiri

Kodok ijo ini ada karena cinta

Cinta dari Allah SWT yang tak membiarkan ular kelaparan

Cinta dari Bapak dan Ibu nya kodok ijoΒ  yang bersemi setelah rintik-rintik hujan, di dalam genangan air empang

hemmm…., masuk akal pikirku πŸ˜€

Lalu kenapa aku harus adaΒ  …..????

Yang jelas aku ada juga karena cinta πŸ™‚

Lalu kenapa juga harus ada rasa benci πŸ™

………..

Penampakan Pertama Si Makhluk Rawa

Rawa, ya rawa…

Boleh jadi ketika kita mendengar kata itu, terbayang di benak kita sebuah kubangan air yang kumuh, kotor, dan tidak higienis. Tapi bagi aku rawaLO adalah tanah kelahiran, tempat di mana pertama kali seorang makhluk RawaLO(baca: riri) muncul ke dunia.

Dunia mungkin menangis menerima makhluk yang bernama “riri” pertama kali yang sudah pasti diikuti oleh ketidak-genah-an dan kenylenehan-kenylenehan tanpa batas :D.

Tapi yang jelas ada seorang ibu dan seorang ayah, yang saking sayangnya mengutuk makhluk rawa ini menjadi ganteng(baca: la wong anak laki2 satu-satunya, ya jelas paling ganteng tho , kekekekkeke … :D)

Tapi dengan segala kerendahan hati makhluk rawa ini mencoba menatap dunia dan berusaha menaklukkannya…..

(mungkin kan itu …….. πŸ™‚Β  )